Nurbaiti, . (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MTs N 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NURBAITI 1701010158(1)-1 - Nur Baitii_Penggalang.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan hal yang di dapatkan oleh siswa sebagai tolak ukur dalam menilai apakah guru sudah berhasil atau belum selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan dalam hasil belajar di pengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah penggunaan metode Tanya jawab yang di lakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Hal ini di lakukan oleh guru supaya mampu menciptakan suasana kelas yang menarik sehingga mampu mengasah daya ingat dan kreativitas siswa dalam mata pelajaran SKI.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah apakah ada pengaruh penggunaan metode Tanya jawab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs N 1 Lampung Timur, dan untuk pop ulasi penelitian ini sebanyak 315 siswa dengan sampel 35 siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh penggunaan metode Tanya jawab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs N 1 Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) di tujukan kepada siswa untuk mencari data tentang penggunaan metode Tanya jawab dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI, sejarah singkat berdirinya sekolah, visi misi dan tujuan, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan serta data jumlah siswa kelas VIII MTs N 1 Lampung Timur.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs N 1 Lampung Timur, Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga xhitung 11,6961 lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) di terima dan (Ho) di tolak, dengan tingkat pengaruh sangat kuat.
Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya penggunaan metode tanya jawab memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 61,18% dalam mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MTs N 1 Lampung Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 07:52 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 07:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4538 |
Actions (login required)
View Item |