Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Perusahaan Dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Islam (Studi Usaha HD Scout Bordir Kota Metro)

Sari, Yuna Alfia (2021) Strategi Perusahaan Dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Islam (Studi Usaha HD Scout Bordir Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
YUNA ALFIA SARI - 14119814 - Esy.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Sebuah perusahaan dapat bertahan disegala kondisi ekonomi yang berubah-ubah, kadang naik dan turun apabila dapat menerapkan strategi bisnis. Strategi bisnis yang diterapkan tentu saja disesuaikan dengan kondisi masing-masing perusahaan. Dengan adanya strategi bisnis, sebuah perusahaan atau badan usaha diharapkan dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. HD Scout bordir merupakan usaha yang bergerak dibidang konveksi. Munculnya usaha bordir di sekitaran kota Metro menyebabkan persaingan usaha, terlebih lagi mereka menjual dan memproduksi barang yang sama. Hal ini menyebabkan terjadinya persaingan, oleh sebab itu, HD Scout Bordir mulai menerapkan strategi usaha guna meningkatkan pendapatan perusahaannya dengan berpedoman pada pandangan ekonomi Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian field research, digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian bahwa HD Scout Bordir dalam meningkatkan pendapatan perusahaan menggunakan strategi Product (Produk) dan Price (Harga). Kedua strategi ini dirasakan lebih memiliki peran penting dalam menarik konsumen dan pendapatan perusahaan. HD Scout Bordir menyediakan jenis produk yang didesain dan dibuat sesuai dengan permintaan pemesan dengan bahan berkualitas. Harga yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitas produk. Semakin bagus desain, rapi dan kualitas produk maka semakin mahal harganya. Strategi yang digunakan oleh HD Scout Bordir guna meningkatkan pendapatan perusahaan telah sesuai dengan pandangan Islam karena dalam hal promosi menekankan kejujuran, apabila terjadi kesalahan atau kecacatan barang yang diproduksi diutarakan secara langsung tanpa ditutup-tutupi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:54
Last Modified: 08 Oct 2021 06:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4599

Actions (login required)

View Item View Item