Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Strategi Direct Instruction Dalam Pembelajaran PAI di SMP Tahfidzul Qur’an Lampung Timur

Yanti, Rina Nur May (2021) Implementasi Strategi Direct Instruction Dalam Pembelajaran PAI di SMP Tahfidzul Qur’an Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RINA NUR MAY YANTI - 1701010075 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran adalah kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu seseorang dalam mempelajari suatu materi tertentu. Salah satunya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertakwa, dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadis, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman.Oleh sebab itu pada prosesnya guru memerlukan strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah strategi direct instruction. Strategi direct instruction merupakan salah satu dari banyaknya jenis strategi yang digunakan pada suatu pembelajaran. Strategi direct instruction adalah strategi dimana guru menjadi sumber informasi pengetahuan bagi siswa. Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Dengan pertanyaan: Bagaimana implmentasi strategi direct instruction dalam pembelajaran PAI di SMP Tahfidzul Qur’an Lampung Timur ?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan implementasi strategi direct instruction dalam pembelajaran PAI di SMP Tahfidzul Qur’an Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan(field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi direct instruction dalam pembelajaran PAI di SMP Tahfidzul Qur’an sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah penerapannya . Hal ini terbukti dengan terciptanya suasana yang menyenangkan pada saat proses kegiatan belajar mengajar. Pada prosesnya guru melakukan intermezzo agar siswa tidak mudah merasa bosan dan tegang. Hal ini menyebabkan siswa memiliki antusias yang tinggi sehingga perhatian siswa terpusat kepada guru yang sedang menjelaskan materi. Pemahaman siswa juga lebih meningkat yang tertuang dalam hasil ulangan akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:06
Last Modified: 12 Oct 2021 04:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4678

Actions (login required)

View Item View Item