Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Facebook dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat)

Hakiki, Bayu Surya (2019) Facebook dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
BAYU SURYA HAKIKI (NPM 13111699).pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu teknologi komunikasi massa mengalami kemajuan sangat pesat. Kemajuan teknologi tersebut telah mengantarkan umat manusia semakin mudah untuk berhubungan antara satu dengan yang lainya. Jarak yang selama ini terasa amat jauh, sekarang sudah terasa dekat sekali. Berbagai informasi dan peristiwa di dunia secara cepat dapat diketahui oleh manusia dimanapun. Diantara fenomena perkembangan tehnologi komunikasi Facebook memberikan tawaran menarik bagi penggunanya, Dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang cukup pesat, pengguna facebook tidak terbatas hanya kalangan remaja saja, tetapi semua kalangan, lebih lagi dengan keberadaan warnet dimanamana sangat mendukung dan memudahkan para penggemarnya, selain itu dalam penggunaan dan sewa perjamnya yang juga terjangkau oleh kalangan para remaja. Keberadaan facebook sangat memudahkan penggunanya dalam mencari informasi apa pun, dari manapun dan dengan siapapun. Namun yang timbul permasalahanya mengenai “bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penggunaan facebook dan sejauh mana dampak yang ditimbulkan facebook terhadap perilaku sosial masyarakat di Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat”.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, karena ia menitik beratkan pada Facebook dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat di Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat Dalam Perspektif Hukum Islam. Metode pengumpulan data yaitu : wawancara (interview) dan dokumentasi. Fakta yang diperoleh dari wawancara di lapangan kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan menarik kesimpulan dengan berfikir induktif. Dari penemuan penelitian dapat diketahui. Facebook dapat mempengaruhi perilaku sosial masyarakat, setelah seseorang mengetahui facebook dan menggunakannya secara berlebihan maka akan mempengaruhi perilaku keagamaanya terutama ibadah sehari-hari.

Ketika mereka aktif menggunakan facebook dan lupa pada waktu, maka kegiatan ibadahnya akan ditinggalkan misalnya meninggalkan shalat, belajar dan lain-lain. Selain itu dapat menghambur-hamburkan uang yang kurang bermanfaat bahkan banyak keributan ataupun konflik rumah tangga yang ditimbulkan akibat postingan seseorang di Facebook. Jadi jelas facebook dapat mempengaruhi perilaku sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Jan 2020 00:53
Last Modified: 07 Jan 2020 00:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item