Sari, Devi Antika (2018) Minat Masyarakat Terhadap Produk Tabungan Haji (Studi pada BPRS Metro Madani KC. Kalirejo Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
DEVI ANTIKA SARI.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Minat masyarakat menabung sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup pada lembaga keuangan. Oleh karena itu, BPRS Metro Madani KC. Kalirejo menyediakan beragam produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar dapat menarik minat masyarakat itu sendiri. Minat adalah suatu ketertarikan dari dalam diri seseorang yang menimbulkan dorongan untuk memiliki dan apabila terpenuhi maka akan merasa bahagia.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pihak BPRS Metro Madani KC. Kalirejo dan Nasabah BPRS Metro Madani KC. Kalirejo Lampung Tengah. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber data untuk tujuan penelitian, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari literatur, jurnal, dan laporan hasil penelitian yang memiliki relevansi dengan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ada faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk tabungan haji BPRS Metro Madani KC. Kalirejo yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi adalah keinginan yang timbul dari diri sendiri (kepribadian), motivasi, agama, pengalaman dan kepercayaan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu keluarga, lingungan, pelayanan, profit sharing, lokasi dan promosi yang dilakukan oleh pihak BPRS Metro Madani KC. Kalirejo Lampung Tengah. Faktor internal yang dominan adalah agama, rukun islam yang ke 5 yaitu melaksanakan ibadah haji sehingga masyarakat yang beragama islam terdorong untuk memilih tabungan haji agar dapat menyempurnakan rukun islam yang ke 5. Faktor eksternal yang dominan adalah pelayanan. Pelayanan sangat berpengaruh karena kualitas pelayanan yang baik akan membawa nama baik bank di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 01:08 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 01:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/479 |
Actions (login required)
View Item |