Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pendidikan Islam Pondok Pesantren Darussa’adah Mojoagung Gunung Sugih Lampung Tengah

Sofyan, Rifa’i (2021) Implementasi Pendidikan Islam Pondok Pesantren Darussa’adah Mojoagung Gunung Sugih Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS RIFA'I SOFYAN (19001859) - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam berbeda dengan sistem pendidikan pada umumnya, pesantren memiliki ciri khas yang unik dan menojol diantaranya yaitu adanya hubungan yang akrab antara santri dan kiainya, kepatuhan santri kepada kiai, hidup hemat dan sederhana benar-benar di wujudkan dalam pesantren, kemandirian amat terasa di pesantren, jiwa tolong menolong dan suasana persaudaraan sangat mewarnai dalam pergaulan di pesantren, disiplin sangat dianjurkan dalam pesantren. ciri-ciri tersebut merupakan gambaran sesok pesantren dalam bentuk yang masih murni yaitu pesantren yang masih teradisional.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Islam Santri Pondok Pesantren Darussa’adah, untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam Santri Pondok Pesantren Darussa’adah, dan untuk mengetahui Faktor yang mempengaruhi Pendidikan Islam Santri Pondok Pesantren Darussa’adah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupaya mendeskripsikan kenyataan secara benar. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, diantaranya adalah Pengasuh, Pengurus, Ustadz dan Ustadzah dan Santri. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber dan dianalisis secara berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Implementasi pendidikan akhlakul karimah di pondok pesantren Darussa'adah Mojoagung dilaksanakan dengan cara ustadz mengenalkan kitab-kitab yang diajarkan dan membina, membimbing santri, dengan aturan-aturan yang sesuai peraturan tata tertib yang ada di pondok. Serta pengurus selama 24 jam mengawasi dan membimbing kegiatan belajar mengajar santri dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi selama 24 jam kecuali hari libur. 2) Metode Implementasi Pendidikan Islam Santri Pondok Pesantren Darussa’adah yaitu adalah Metode Ceramah, Metode Kisah, Metode Pembiasaan, Metode Teladan dan Metode Reward and Punishment.3) Faktor yang mempengaruhi Pendidikan Islam Santri Pondok Pesantren Darussa’adah yaitu; Faktor Pendukung, Fasilitas dan Santri Mudah Dinasehati dan Faktor Penghambat, Media Elektronik, Sifat Keduniawian dan Kurangnya Kesadaran Santri dalam Melakukan Kegiatan Keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:20
Last Modified: 04 Oct 2021 08:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item View Item