Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Dakwah Persuasif Terhadap Masyarakat di Desa Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur

Septianti, Eka (2021) Implementasi Dakwah Persuasif Terhadap Masyarakat di Desa Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
EKA SEPTIANTI NPM 1703060046 - KPI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Dakwah persuasif adalah proses mempengaruhi masyarakat dengan pendekatan psikologis, sehingga masyarakat mengikuti ajakan da’i tetapi merasa melakukan sesuatu atas kehendak sendiri. Dakwah persuasif juga dapat di nyatakan sebagai suatu kegiatan untuk menyebarkan ajaran Islam, dengan menggunakan data dan fakta psikologis dari masyarakat tersebut, sehingga mereka menemukan kebenaran serta kesadaran yang menjadikan sikap dan tingkah lakunya terpengaruh sehingga dapat terarah utuk menerima serta melaksanakan ajaran-ajaran Islam.

Dakwah merupakan kegiatan Islami untuk menyeru mengajak dan memanggil umat Islam menuju kearah yang lebih baik sesuai dengan perintah Allah SWT. Dalam berdakwah memerlukan perantara untuk menyebarkan syariat Islam kepada masyarakat melalui perantaranya yaitu da’i. Tugas da’i adalah untuk menjadikan masyarakat sebagai pribadi yang baik dalam aqidah, syari’ah, dan ahlaq dalam kehidupan bermasyarakat, dengan menggunakan metode yang tepat dan baik.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Implementasi dakwah Persuasif da,i terhadap masyarakat di Desa taman fajar kecamatan purbolinggo lampung timur dan juga untuk mengetahui tahapan pelaksanaan dakwah persuasif da’i terhadap masyarakat di Desa taman fajar kecamatan purbolinggo lampung timur. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Sumber data didalam penelitian ini adalah terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi dakwah persuasif yang dilakukan oleh da’i terhadap masyarakat dengan cara melakukan pendekatan, tidak memaksa, menyentuh hati atau perasaan sehingga masyarakat tidak terpaksa untuk menerimanya. Da’i melakukan tahapan dakwah persuasif terhadap masyarakat dengan berkomunikasi yang baik, melakukan pendekatan individu, membuat suasana yang menyenangkan, membangun kepercayaan diri masyarakat sehingga masyarakat dapat melakukan apa yg telah di sarankan oleh da’i.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:51
Last Modified: 05 Nov 2021 07:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4854

Actions (login required)

View Item View Item