Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik SDN 3 Taman Asri

Nur’aini, Ika Ayu (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik SDN 3 Taman Asri. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IKA AYU NUR’AINI -1701050016 - PGMI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran ialah suatu pola atau rencana yang digunakan dalam mempersiapkan rencana pembelajaran dalam jangka waktu yang panjang. Rencana ini digunakan oleh guru untuk menjadi acuan dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran salah satu kunci utama dalam menjalankan tujuan belajar. Salah satu model pembelajaran yang sering digunakan oleh seorang guru ialah model pembelajaran konvensional karena dianggap muda untuk berkomunikasi dengan siswa.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan hasil belajar yang berlangsung di SDN 3 Taman Asri. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. teknik penelitian analisa menggunkan product moment dan dianalisis secara statistic menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linieritas dan dianalisis menggunkan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran konvensional yang terdiri dari metode ceramah dan penugasan yang berlangsung di SDN 3 Taman Asri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji menunjukkan korelasi person antara model pembelajaran konvensional dengan hasil belajar sebesar 0,272 jika dilihat melalui pedoman interpretasi koefisien korelasi maka koefisien korelasi yang ditemukan termasuk pada kategori rendah. Dan berdasarkan Uji t yang dihitung melalui bantuan SPSS versi 22 thitung sebesar 1,266 < ttabel sebesar 2,085 artinya thitung lebih kecil dari ttabel . dan nilai signifikansi 0,220 > 0,05 artinya nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Maka Ha ditolak dan H0 diterima. Artinya bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Tematik di SDN 3 Taman Asri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:42
Last Modified: 11 Nov 2021 03:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item