Arifah, Siti (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK Nurul Huda Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SITI ARIFAH -1701010081- PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa, tetapi dilaksanakan melalui online atau dengan mengakses jaringan internet. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menyampaikan materi melalui whatsapp group. Meskipun dalam penggunaan whatsapp sangat mudah namun, respon siswa kurang antusias dan kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang mengalami penurunan. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu: Apakah Ada Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK Nurul Huda Batanghari? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Nurul Huda Batanaghari. Hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu: Ada Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK Nurul Huda Batanghari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Nurul Huda Batanghari yang berjumlah 33 siswa dan sampel penelitiannya seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 33 siswa. Metode yang digunakan yaitu metode angket (kuesioner) sebagai metode utama dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan rumus pearson product moment.
Hasil dari penelitian yang dilakukan dan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus pearson product moment diperoleh harga Rxy sebesar 0,65. Selanjutnya dari harga Rxy di hitung harga thitung sebesar 4,7631. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df = n - 2 = 33 -2 = 31 yaitu sebesar 2,03951. Dengan demikian harga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,7631 > 2,03951. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu: Ada Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK Nurul Huda Batanghari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:08 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4941 |
Actions (login required)
View Item |