Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Korelasi Kemampuan Berbahasa Arab Dengan Kemampuan Memahami Ayat Al-Quran Santri Asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro

Nisa, Nindi Aulia (2021) Korelasi Kemampuan Berbahasa Arab Dengan Kemampuan Memahami Ayat Al-Quran Santri Asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NINDI AULIA NISA -1701010153 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Memahami Al-Quran merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim. Sebagaimana yang kita semua ketahui bahwa Al-Quran merupakan pedoman seluruh manusia dimuka bumi. Dalam memahami makna yang disampaikan Allah swt dalam Al-Quran tidak cukup memahami dengan terjemahan saja, hal ini tentu banyak yang keliru dalam memahami maksud yang terkandung dalam Al-Quran. salah satu faktor pendukung seseorang dalam memahami ayat Al-Quran adalah menguasai kemampuan berbahasa Arab dalam berbagai bidangnya. Sebab memahami ayat yang baik sangat bergantung pada penguraian mufrodat, lafaz-lafaz dan pengertian yang menjuru sesuai dengan struktur kalimat. Sehingga dapat dikatakan jika santri memiliki kemampuan berbahasa Arab dengan baik maka santri juga akan memiliki kemampuan memahami ayat Al-Quran dengan baik pula.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah korelasi kemampuan berbahasa arab dengan kemampuan memahami ayat Al-Quran santri asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro. Dengan tujuan ingin mengetahui adakah korelasi diantara dua kemampuan tersebut dengan melihat tingkat keeratan keduanya. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan populasi yang berjumlah 124 santri. Teknik pengambilan data menggunakan dua tes yaitu tes lisan dan tes tertulis serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus pearson product moment sebagai berikut:
r=(n∑XY-(∑X)(∑Y))/√(〖((n∑X〗^2-(∑〖X)〗^2)(n∑Y^2-(∑〖Y)〗^2))
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada korelasi antara kemampuan berbahasa Arab dan kemampuan memahami ayat Al-Quran. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus pearson product moment diperoleh harga rhitung 0,4818 lebih besar dari harga rtabel 0,301 dengan taraf signifikan 5%. Maka dirujuk dari pedoman koefisien korelasi berkisar antara 0,400-0,599 yang berarti terdapat korelasi yang positif antara variabel X dan Y yang tergolong sedang (cukup kuat). Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa Arab memiliki korelasi dengan kemampuan memahami ayat Al-Quran santri kelas X asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:08
Last Modified: 02 Dec 2021 07:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item