Sholekha, Mar’atus (2021) Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Qur’an Hadis Kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MAR'ATUS SHOLEKHA -1701010051- PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Variasi gaya mengajar dalam pembelajaran berkaitan dengan keanekaragaman dalam penyajian kegiatan pembelajaran, keanekaan ini yang membuat sesuatu tidak monoton. Mengadakan variasi dalam mengajar dapat berupa melakukan perubahan gaya dalam penyampaian pembelajaran. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kelas dan menjadikan siswa antusias dengan apa yang sedang diajarkan. Namun, pada kenyataannya variasi gaya yang dilakukan guru tidak bisa sepenuhnya berhasil. Tentu tetap terdapat siswa yang mengantuk atau merasa bosan selama pembelajaran berlangsung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran qur‘an hadis kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran qur‘an hadis kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran qur‘an hadis kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa atau responden yaitu kelas VIII a.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket (kuesioner) dan dokumentasi. Angket (kuesioner) ditujukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa, serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya MTs Al-Hikmah Batanghari, visi misi dan tujuan, keadaan guru dan pegawai, keadaan siswa dan keadaan sarana dan prasarana di MTs Al-Hikmah Batanghari.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran qur‘an hadis kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan rumus korelasi Person Product Moment diperoleh harga rxy 0,639.pengujian hipotesis dengan menafsirkan besarnya koefisien korelasi yaitu harga nilai thitungsebesar 4,550. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dengan harga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,550 2,042 (thitung ttabel), sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan arah hubungan positif dan tingkat pengaruh tergolong kuat. Selanjutnya hasil perhitungan koefesien determinasi, variasi gaya mengajar guru berkontribusi atau pengaruh sebesar 40,8% dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa mata pelajaran qur‘an hadis kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur. Kemudian 59,2% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal maupun eksternal dari diri pribadi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:09 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4950 |
Actions (login required)
View Item |