Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IX SMP Negeri 21 Mesuji

Anggraini, Lusi (2021) Implementasi Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IX SMP Negeri 21 Mesuji. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUSI ANGGRAINI -1801080013 - IPS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Berbagai jenis masalah yang muncul di masa pandemi covid-19 ini sangat berdampak bagi bidang pendidikan yang mana dampak tersebut juga dirasakan oleh instansi atau lembaga pendidikan SMP Negeri 21 Mesuji. Dalam lembaga pendidikan proses pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka kini dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Berdasarkan prasurvey proses pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri 21 Mesuji selama pandemi covid-19 yaitu dengan menerapkan pembelajaran daring dan luring.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 di kelas IX SMP Negeri 21 Mesuji. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPS kelas IX dan peserta didik kelas IX. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru IPS kelas IX dan peserta didik kelas IX, sementara itu sumber data sekunder dalam penelitian ini yakni berasal dari dokumen dokumen yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 di kelas IX SMP Negeri 21 Mesuji. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yakni dengan menggunakan dua jenis triangulasi diantaranya yakni triangulasi teknik dan trangulasi sumber. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini berpedoman pada pendapat Miles dan Huberman yang mana terdapat beberapa tahapan dalam menganalisis data diantaranya yaitu data collection atau pengumpulan data, data reduction atau pemilihan dan pemusatan data, data display atau penyajian data dan yang terakhir ada penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti pada bulan Juli 2021 dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 di kelas IX SMP Negeri 21 Mesuji yakni dilaksanakan secara daring dan luring. Dalam perencanaan pembelajaran terdapat beberapa kekurangan dalam pembuatan RPP dimana RPP yang digunakan oleh guru IPS kelas IX bukanlah RPP blanded learning akan tetapi RPP daring sehingga belum sesuai dengan sistem pembelajaran yang ada di SMP Negeri 21 Mesuji. Sementara itu, dalam pelaksanaannya dilakukan secara bergantian dimana sebagian siswa dalam setiap kelas ada yang belajar daring dan sebagian siswa ada yang melaksanakan pembelajaran secara luring dengan cara bertatap muka di vii sekolah dan tetap mematuhi protokol kesehatan serta dalam setiap kelas jumlah siswa tidak boleh melebihi 20 orang. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu menggunakan aplikasi WhatsApp, Google classroom, dan Zoom Meeting. Dalam hal evaluasi kegiatan pembelajaran IPS terdapat beberapa hal yang di nilai oleh guru IPS yakni berkaitan dengan keaktifan siswa yang mencapai 10%, tugas mandiri 20%, tugas kelompok 10%, UTS 30% dan UAS 30%. Adapun faktor pendukung proses pembelajaran daring di masa pandemi yaitu tersedianya smartphone, dan adanya paket atau kuota internet. Sementara itu faktor penghambat pembelajaran daring dimasa pandemi yakni terdapat beberapa siswa yang belum memiliki smartphone, sulitnya siswa dalam memahami materi pelajaran, jaringan di masing-masing tempat tinggal peserta didik kurang memadai. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran luring juga terdapat beberapa faktor pendukung diantaranya wilayahnya tidak termasuk ke dalam zona merah, guru dan siswa wajib mematuhi protokol kesehatan. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran luring yakni masih banyak siswa yang sulit untuk mematuhi protokol kesehatan dan waktu belajar juga sedikit berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:21
Last Modified: 08 Dec 2021 03:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4990

Actions (login required)

View Item View Item