Adistia, Dina (2021) Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DINA ADISTIA -1701050011 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi perkalian. Karena tidak semua siswa memiliki kemampuan berhitung yang baik, selain itu guru juga kurang maksimal dalam menggunakan metode pembelajaran seperti hanya menggunakan metode ceramah karena metode ceramah kurang menarik siswa dalam proses belajar mengajar. Anak akan merasa bosan dan ada juga anak yang ribut dengan temanya sehingga kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan materi. Oleh karena itu banyak siswa yang nilainya kurang mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian bilangan pada siswa kelas II MI Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah Pada Tahun 2020/2021.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),yang dilaksanakan di keas II MI Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah dengan jumlah 17 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 minggu yang dilaksanakan di bulan Mei 2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa metode Jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian bilangan pada siswa kelas II MI Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah tahun 2020-2021. Hal ini dibuktikan pada siklus I dari KKM yang sudah ditentukan sebesar 67 dan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85 % menunjukkan bahwa 9 siswamencapai KKM dengan ketuntasan klasikal sebesar 53 %. Setelah dilakukan refleksi pada siklus II menunjukkan 15 siswa tuntas mencapai KKM dengan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 88 %. Dengan demikian, diperoleh hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35 %.
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Metode Jarimatika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:54 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4998 |
Actions (login required)
View Item |