Pujayanti, Resti (2021) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Pada Bank BRI Syariah KCP Pringsewu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RESTI PUJAYANTI -1702100072 - S1 PBS.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Bank Syariah merupakan lembaga yang mempunyai peran intermediasi yaitu sebagai perantara, yang mempunyai tugas untuk mengumpulkan dana masyarakat, dana bank syariah sebagian besar dari dana nasabah yang telah dihimpun. Dengan begitu peningkatan jumlah nasabah akan terus diupayakan guna meningkatkan dana atau aset, dengan berbagai program dan strategi untuk mencapai target dan menjaga kelangsungan perkembangan bank akan selalu diupayakan. Berkaitan dengan bauran pemasaran (Marketing mix) yang merupakan salah satu pedoman dalam perumusan strategi pemasaran yang posisinya cukup penting, karena keberhasilan suatu perbankan mencapai tujuan sangat ditentukan bagaimana pelaksanaan bauran pemasaran diterapkan. Maka, Bank Syariah perlu penerapan bauran pemasaran dengan tepat untuk meningkatkan minat nasabah tabungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk tabungan Bank BRI Syariah KCP Pringsewu yang memfokuskan pada bauran pemasaran yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), dan bersifat deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Branch Operation Supervisor (BOS), Funding Relation Officer, Customer Service dan nasabah dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling dan insidental sampling. Lalu menggunakan teknik analisis data bersifat induktif menggunakan model Miles and Huberman.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran produk tabungan bank BRI Syariah KCP Pringsewu menggunakan bauran pemasaran untuk menarik minat masyarakat sudah dijalankan cukup tepat meskipun peningkatan tidak terjadi untuk semua produk tabungan hanya produk tabungan faedah dan juga haji yang menjadi unggulan, peningkatan yang terjadi pada nasabah produk tabungan di bank BRI Syariah KCP Pringsewu karena bauran promosi (Promotion) dan harga (Price), yang mempengaruhi masyarakat berminat menjadi nasabah di Bank BRI Syariah KCP Pringsewu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 02:50 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 02:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5013 |
Actions (login required)
View Item |