Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Korelasi Antara Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SMP TMI Roudhotul Quran Metro Tahun 2020/2021

Pramudita, Niken Ayu (2021) Korelasi Antara Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SMP TMI Roudhotul Quran Metro Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NIKEN AYU PRAMUDITA 1701010152 - niken ayu pramudita.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kedisiplinan peserta didik sangat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar, peserta didik yang berperan dalam mengerjakan tugas secara tertib dan teratur dalam mengerjakan tugas atau latihan dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti menemukan kesenjangan anatara kedisiplinan peserta didik dan hasil belajar, terlihat ada beberapa peserta didik terlambat masuk kelas pada saat jam pelajaran Pai di mulai. Peserta didik kurang tepat waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan peserta didik hasil belajar agama Islam peserta didik tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimum yang ditentukan sekolah, adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar pendidikan agama islam SMP Tmi Roudhotul Quran Metro tahun 2020/2021?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik di SMP TMI Roudhotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2020. Untuk mengetahui hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik di SMP TMI Roudhotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2020. Untuk mengetahui korelasi antara kedisiplinan dengan hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik di SMP TMI Roudhotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi, populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMP Tmi Roudhotul Quran Metro yang berjumlah 184 peserta didik yang digunakan adalah 29 peserta didik. Metode yang digunakan adalah agket sebagai metode yang utama, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus prodact moment untuk mengetahui taraf signifikan antara variabel (x) dan (y) yang dikonsultasikan dengan rtabel yaitu menggunakan taraf signifikan.
Setelah dianalisis ternyata terdapat hubungan antara kedisiplinan terdapat hasil belajar peserta didik, berdasarkan hasil agket dapat diketahui bahwa 29 peserta didik yang menjadi sempel penelitian ini ada 5 peserta didik yang telah menjawab tinggi (17.25%) dan sebanyak 24 peserta didik yang menjawab sedang (82.75%) serta 0 peserta didik yang menjawab rendah (0%). Maka dapat dipahami bahwa kedisiplinan peserta didik dapat dikatakan sedang. dan hasil belajar peserta didik bahwa 29 peserta didik yang menjadi sempel penelitian , terdapat 7 peserta didik yang memperoleh hasil baik sekali (24.15%), dan sebanyak 20 peserta didik mendapatkan hasil baik (68.96%). Serta 2 peserta didik yang memperoleh nilai lebih baik dari cukup (6.89%), maka dapat dipahami hasil belajar peserta didik SMP TMI Roudhotul Quran Metro adalah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 23 Nov 2021 12:06
Last Modified: 23 Nov 2021 12:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5026

Actions (login required)

View Item View Item