Munir, Muhammad (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Secara Online di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI M.MUNIR 1601050071.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran matematika secara online di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro akibat pandemi covid -19 ini, mau tidak mau siswa harus dituntut untuk belajar dirumah dengan menggunakan media sosial (Online). Berbagai permasalahan dan kemudahan belajar yang dialami oleh siswa, guru dan orang tua dalam pembelajaran online. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul pelaksanaan pembelajaran matematika secara online di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika secara online selama masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu satu guru dan tujuh siswa, selanjutnya sumber data sekunder pada penelitian ini yaitu mengambil data yang diperoleh dari pihak lain, tidak langsung diperoleh oleh peneliti dari subjek penelitiannya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, triangulasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa, pembelajaran Online di MIN 3 Metro telah dilaksanakan selama masa pandemi covid-19. Beberapa siswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang telah diberikan oleh guru, ada juga siswa merasa senang melaksanakan pembelajaran secara Online dikeranakan pembelajarannya tidak terbatas jarak, waktu maupun tempat. Sebelum guru melaksanakan pembelajaran, guru melakukan perencanaan sebagai pedoman untuk mengajar sehingga menjadi lebih terarah dan sistematis. Guru kelas 3A tersebut juga menggunakan video terkait materi pecahan dari YouTube sebagai media belajar bagi peserta didik, dan beberapa kali dalam seminggu guru kelas 3A melaksanakan pembelajaran melalui aplikasi WhatApp, dari aplikasi tersebut guru membuat grub agar mempermudah menyampaikan informasi kepada peserta didik saat proses pembelajaran. Kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran secara Online yaitu tidak terbatas jarak waktu dan tempat, selanjutnya kendala dalam pelaksanaannya antara lain kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran.
Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:19 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5040 |
Actions (login required)
View Item |