Sulistiani, . (2021) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SULISTIANI -1701050087 - PGMI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan keterangan dari Ibu Yulia (guru kelas) bahwa saat pembelajaran dikelas guru sudah memberikan motivasi yang cukup baik. namun hasil belajar siswa masih rendah, hal ini disebabkan karena siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru, siswa kurang mempunyai motivasi untuk menyelesaikan tugas PR dan kurang aktif pada proses pembelajaran.Hasil belajar ialah dampak dari interaksi antara proses belajar dengan kegiatan mengajar, dapat dilihat dari sisi siswa dan guru, dari sisi guru biasanya berakhir dengan evaluasi belajar. sedangkan sisi siswa ialah suatu tingkat dari perkembangan mental kearah yang lebih positif jika dibandingan waktu sebelum mulai aktivitas belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah motivasi belajar. Motivasi belajar ialah pendorong usaha untuk mencapai hasil yang diinginkan, yang mana nantinya akan menentukan tingkat pencapaian prestasi belajar. Motivasi yang menyebabkan siswa melakukan kegiatan belajar dapat timbul dari dirinya sendiri maupun dari luar.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat.
Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kuantitatif korelasi, dengan populasi 32 siswa kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil analisis, data yang diperoleh menggunakan koefisien korelasi menunjukkan rhitung (0,769) lebih besar daripada rtabel (0,361) pada taraf signifikan 5% atau dapat diformulasikan sebagai rtabel < rhitung (0,361< 0,769). Jika dilihat Interpestasi nilai “r” product moment rhitung (0,769) terletak antara 0,60- 0,80 yang memiliki tingkat interprestasi kuat dan tinggi atau signifikan. diketahui rhitung lebih besar dari rtabel, maka hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (ho) ditolak. maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat Tahun Ajaran 2020/2021.
Kata kunci : Motivasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:53 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5043 |
Actions (login required)
View Item |