Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 11 Metro Pusat

Latifah, Umi (2021) Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 11 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Umi Latifah NPM. 1701050090 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan serta informasi dari salah satu guru saat pembelajaran IPS sedang berlangsung siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak terlihat adanya perasaan senang terhadap pembelajaran, dan tidak sedikit siswa yang mengobrol dengan teman sebaya. Hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Hasil belajar merupakan penilaian pendidik terhadap siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran, dimana hasil belajar siswa ini dapat dipengaruhi dengan beberapa faktor, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah minat. Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang memaksa.

Rumusan masalah apakah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 11 Metro Pusat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 11 Metro Pusat.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 32 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, obeservasi dan juga dokumentasi. Menggunakan korelasi product moment untuk menganalisis data.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajara IPS siswa, dimana r hitung sebesar 0,320 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dkn=30 sebesar 0,361, dapat diketahui bahwa r hitung lebih kecil dari r tabel atau dapat diformulasikan r hitung ( 0,320) < r tabel ( 0,361), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol ( Ho) diterima. Sedangkan dilihat dari interprestasi nilai “r” product moment bahwa r hitung terletak pada 0,20-0,40 yang artinya adalah lemah. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 11 Metro Pusat.

Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:53
Last Modified: 15 Dec 2021 07:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item View Item