Nursafitri, Ita (2021) Penggunaan Metode Iqra’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas III di TPA Najmul Aulia’ Sunan Kali Jaga Desa Tanjung Aji Baru Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI - ITA NURSAFITRI - 1801010059 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Metode iqra' merupakan suatu metode membaca Al-Qur’an yang didalam proses pembelajarannya lebih menekankan langsung pada latihan membaca. Dan metode ini telah di kenalkan dengan buku panduan yang terdiri dari 6 jilid.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sudah diterapkan metode pembelajaran iqra dalam belajar membaca Al-Qur’an namun masih ada beberapa santri yang membacanya kurang lancar sehingga terlambat dalam menyelesaikan disetiap jilid.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penggunaan metode iqra’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPA Najmul Aulia’ Sunan Kali Jaga Desa Tanjung Aji Baru Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi penggunaan metode iqra’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPA Najmul Aulia’ Sunan Kali Jaga Desa Tanjung Aji Baru Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi ustad/ustadzah, bagi TPA dan wawasan terhadap peneliti.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research) dalam penelitian ini peneliti akan menggambarkan penggunaan metode iqra’ dalam meningkatkan kemampuan ,membaca Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, dispay data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa metode iqra’ dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa dengan bukti dari hasil tes yang sudah peneliti lakukan yang menunjukan bahwa jumlah santri yang mampu membaca Al-Qur’an masuk dalam kategori baik. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengunaan metode iqra’ meliputi : Kurangnya waktu dalam belajar, kemampuan santri dalam pembelajaran, kurangnya motivasi dan minat dalam belajar.
Kata Kunci : Metode Iqra’ dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 06:31 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5178 |
Actions (login required)
View Item |