Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur

Khalwani, Ilzam (2021) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ILZAM KHALWANI -1701010039 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara tidak langsung atau tidak bertatap muka antara pendidik dengan peserta didik, tetapi diterapkan melalui jejaring internet. Dalam penerapannya guru menyampaikan materinya melalui group whatsapp. Walaupun penggunaannya sangat mudah, respon siswa sendiri kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ini. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang mengalami penurunan. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu: Apakah Ada Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Rendahnya Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran daring terhadap rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur. Jadi hipotesis yang peneliti ajukan yaitu: Ada Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Rendahnya Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari yang berjumlah 68 siswa, dan sampel penelitiannya seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 68 siswa. Metode yang digunakan yaitu metode angket (kuesioner) sebagai metode utama dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan rumus pearson product moment.

Hasil dari penelitian yang direalisasikan sebagai berikut: Dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus pearson product moment diperoleh harga rxy 0,342. Pengujian hipotesis dengan menafsirkan besarnya koefisien korelasi yaitu harga nilai thitung sebesar 2,958. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dengan harga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,958 > 1,996 (thitung > ttabel), sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selanjutnya hasil perhitungan koefesien determinasi, pembelajaran daring berpengaruh sebesar 11,69% dalam mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari. Kemudian 88,31% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dalam maupun luar dari siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Rendahnya Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:47
Last Modified: 07 Mar 2022 00:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item