Husna, Mukarimatun (2021) Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MUKARIMATUN HUSNA -1701010231 - PAI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Perilaku belajar merupakan satu satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran, perilaku belajar itu dapat diartikan sebagai suatu perubahan perilaku yang dihasilkan dari karakter dan praktek-praktek yang ada di dalam lingkungan sekolah. Tentunya perilaku belajar terdapat perubahan pada diri siswa, adapun perubahan-perubahan dalam perilaku belajar seperti dalam kebiasaan mencatat pada saat belajar, keterampilan, perubahan sikap serta tingkah laku afektif. Perilaku belajar sangat berperan terhadap hasil belajar siswa, hasil belajar inilah yang menjadi ketekunan siswa berhasil dalam proses belajar mengajar siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ‘‘Apakah ada pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan ada atau tidaknya pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar siswa di MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang peneliti ambil 114 siswa dan sampelnya berjumlah 70 siswa, penelitian menggunakan metode angket dan legger hasil belajar sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai pendukung. Penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, jenis teknik sampel yang digunakan peneliti yaitu sampel dengan teknik undian atau kocok yang menjadi sampel yaitu kelas VIIA, VIIIB dan IX. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat dan uji koefisien kontigensi.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara perilaku belajar terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukan dengan menggunakan df sebesar 4 di peroleh harga chi kuadrat (X2 ) pada taraf signifikan 5 % sebesar 9,488 dengan demikian maka harga chi kuadrat hitung (X2 hit) sebesar 12,93 lebih besar dari chi kuadrat tabel (X2 tab) pada taraf signifikan 5 % pada db = 4, 12,93 > 9,488 karenanya (H0) ditolak , maka dapat disimpulkan (Ha) yang peneliti ajukan ada pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda, diterima. Lalu hasil Perhitungan koefisien kontingengsi yang dengan hasil Chitung = 0,443 dengan Cmax = 0,816 yang kemudian dapat dilihat pada tabel KK dari hasil konsultasi dengan tabel KK, diperoleh hasil bahwa hubungan kedua variabel berada pada kriteria cukup erat. Hal ini membuktikan bahwa terdapat Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 08:20 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 08:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5233 |
Actions (login required)
View Item |