Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batanghari

Suryaningrum, Indah (2021) Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
Skripsi Indah Baru PAI 17 - Indah Surya ningrum.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Keberhasilan dalam proses belajar mengajar ditentukan oleh salah satu faktor yaitu gaya komunikasi guru yang baik terhadap siswa dalam pembelajaran. Gaya komunikasi guru yaitu suatu cara atau teknik untuk menyampaikan suatu pesan antara guru dan siswa dengan menggunakan bahasa yang baik dan mempunyai tujuan supaya siswa mampu memahami materi pembelajaran yang di sampaikan oleh guru. Gaya komunikasi guru yang baik maka akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Sebaliknya, apabila gaya komunikasi guru dalam mengajar kurang baik maka hasil belajar tidak akan maksimal.

Penelitian ini untuk mengungkap: Seberapa besar Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Batanghari? Dan bertujuan untuk mengetahui tingkat signifikasi pengaruh gaya komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Batanghari.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantiatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 2 dengan jumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penelitian menggunakan rumus Pearson Product Moment.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus pesron product moment diperoleh harga Rxy 0,61. Selanjutnya dari harga Rxy dihitung harga thitung yaitu sebesar 3,9183. Kemudian thitung dibandingkan dengan harga ttabel pada tarif signifikansi 5% dengan df = n – 2 = 28- 2 = 26 yaitu sebesar 2, 056. Dengan demikian harga thitung lebih besar dari harga ttabel yaitu 3,9183 > 2, 056. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu adanya pengaruh gaya komunikasi guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Batanghari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2021 08:05
Last Modified: 30 Dec 2021 08:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item