Julianingsih, Devis (2021) Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I MIN 3 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
DEVIS JULIANINGSIH 1701050054 - devis julianingsih.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar bukan hanya dari siswa namun bagi guru juga. Karena hasil belajar digunakan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan tindak belajar. Sedangkan hasil pra survey ditemukan masalah yaitu hasil belajar siswa masih rendah pada pelajaran matematika. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika memerlukan media atau alat peraga sebagai pijakan dalam proses belajar mengajar, yang sebelumnya di sekolah masih belum menggunakan alat peraga. Dari masalah di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. Apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MIN 3 Metro. Tujuan penelitian dalam menggunakan alat peraga papan bersaku yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MIN 3 Metro.
Hasil belajar merupakan suatu yang dicapai atau diperoleh siswa dalam bentuk penguasaan, pengetahuan dan kecakapan dasar sehingga tampak perubahan pada tingkah laku setiap tingkah laku dari individu. Alat peraga merupakan suatu alat atau media yang digunakan untuk membantu dalam proses belajar mengajar yang berperan sebagai pendukung belajar yang dilakukan oleh guru. Penggunaan alat peraga papan berpaku yaitu dengan menyiapkan kartu atau gambar kecil, membaca angka yang tersedia pada papan, hitung berapa gambar yang terdapat pada kartu, kemudian hasil dari kartu dimasukkan ke dalam saku sesui dengan hasil pada gambar.
Metode penelitian yang digunakan merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IA MIN 3 Metro dengan jumlah siswa 22 siswa. Tindakan yang digunakan yaitu dengan menerapkan alat peraga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Pada pra siklus terdapat siswa yang tuntas hanya 8 siswa. Pada siklus I pertemuan pertama siswa yang tuntas 12 siswa (54,54%) pertemuan pertama ini masih dikategorikan belum maksimal, guru masih kurang dalam mengkondisikan kelas. Pertemuan kedua 13 siswa (59,09%) guru sudah dapat menguasai kelas, dan siswa sudah mulai fokus belajar dengan baik. Sedangkan siklus II pertemuan pertama siswa yang tuntas 15 (68,18%) pada siklus II ini dikategorikan cukup memuaskan, terdapat peningkatan dari siklus I dan pertemuan kedua 18 siswa yang tuntas (81,82%) dapat dikategorikan sudah cukup memuaskan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di akhir siklus siswa yang memenuhi KKM ≥68 mencapai 81,82%, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MIN 3 Metro pada materi angka 11-20.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 07:36 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 07:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5293 |
Actions (login required)
View Item |