Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro Tahun Ajaran 2021/2022

Safitri, Lia Nur (2021) Penggunaan Metode Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LIA NUR SAFITRI - 1701020030 - PBA.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Hambatan dalam proses pembelajaran bahasa arab dikelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an metro adalah disebabkan karena guru kurang tepat dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran, Sehingga siswa merasa bosan dan akibatnya siswa menjadi tidak fokus dalam kegiatan pembelajaran oleh sebab itu siswa tidak dapat menguasai materi pembelajaran bahasa arab khususnya pada penguasaan kosakata. Dari masalah tersebut peneliti menawarkan metode permainan bahasa untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “apakah penggunaan metode permainan bahasa dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro T.P 2021/2022?”, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode permainan bahasa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab pada siswa kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro T.P 2021/2022. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang didalamnya terdapat dua siklus, pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan penguasaan kosakata bahasa arab setelah menggunakan metode permainan bahasa pada siswa kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro T.P 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,2, pada siklus II sebesar 85,4, meningkat sebesar 18,2. Dan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 41% , pada siklus II sebesar 71,4% meningkat sebesar 30,4% Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan bahasa dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro T.P 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:54
Last Modified: 27 Apr 2022 02:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item