Fikriyah, Raitsna Zahrah (2022) Faktor kesulitan membaca teks Bahasa Arab di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Metro TP. 2021/2022. Masters thesis, IAIN Metro.
Text
Tesis Arraa - Raitsna Zahra.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya santri di pondok pesantren Roudhotul Qur‘an Metro bahkan pada kelas yang sudah tinggi akan tetapi cara membaca teks bahasa arabnya masih belum tepat, baik dan belum sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran membaca. Idealnya pada santri ini, santri sudah mampu membaca teks bahasa arab dengan baik, benar dan sesuai dengan kaidah-kaidan pembelajaran membaca. Sehingga mahasiswa itu dapat dengan mudah dan lancar dalam membaca teks bahasa arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata kata dan bahasa. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif lapangan. Sumber datanya adalah santri dan guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan dalam pembelajaran qiroah yang dialami santri pondok pesantren Roudhotul Qur‘an Metro. Macam-macam permasalahan atau kesulitan pada penelitian ini yaitu sebagai berikut : Sebagian siswa belum mampu membaca teks bahasa arab dengan baik dan benar karna kurangnya penguasaan kosakata, Sebagian siswa belum mampu memahami teks bahasa arab dengan baik, Sebagian siswa belum mampu menentukan kedudukan i‘rob pada setiap kata, Sebagian siswa belum mampu menceritakan kembali teks bahasa arab yg telah di baca.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 07:22 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 07:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5415 |
Actions (login required)
View Item |