Wulandari, Nadya (2022) Adaptasi Psikologis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN Metro.
Text
TESIS NADYA WULANDARI - Nadia Wulandari.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Pentingnya adaptasi psikologis yaitu sebagai salah satu elemen kunci dalam keberhasilan pembelajaran. Dengan beradaptasi seseorang mampu mencapai kecocokan psikologis dan sosial, oleh karena itu seseorang mampu berkomunikasi dan berinteraksi secara positif dengan semua elemen lingkungan fisik dan sosial di sekitarnya, sehingga mampu mencapai tujuan yang telah dia tetapkan untuk dirinya sendiri. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif sebagai studi yang dapat dilakukan atau dilakukan dalam konteks atau situasi yang alami, di mana peneliti mengumpulkan data, kata-kata atau gambar dan kemudian menganalisisnya secara induktif, berfokus pada makna yang disebutkan oleh partisipan, dan menggambarkan proses dalam bahasa yang meyakinkan dan ekspresif. Data yang diperlukan pada sumber penelitian in, yaitu siswa kelas VII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro tahun ajaran 2021/2022 M dan guru bahasa Arab. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumen. Adapun hasil penelitiannya, terjadi penyesuaian psikologis dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VII di Madrasah Al-Qur'an Metro dengan menunjukkan perilakunya dalam memenuhi kebutuhan belajar dan koherensi dengan kondisi pembelajaran di sekolah dan menciptakan perilaku belajar sesuai dengan persyaratan lingkungan dan upaya mengatasi hambatan psikologis dan interaksi antar siswa di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 04:16 |
Last Modified: | 28 Feb 2022 00:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5417 |
Actions (login required)
View Item |