Badawi, Ahmad (2021) Pembelajaran Membaca Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Darul A’mal Kota Metro (Kesulitan dan Solusinya). Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS AHMAD BADAWI -19003888 - PBA.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini berusaha menjawab dua pertanyaan penelitian, yaitu : Bagaimana Pembelajaran membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Darul A’mal Kota Metro? dan Apa Kesulitan Serta Solusinya Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Darul A’mal Kota Metro?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus tentang kesulitan pengajaran membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Darul A’mal Kota Metro dan Solusinya. Alat pengumpulan data bergantung pada wawancara dan dokumen, sedangkan analisis data bergantung pada metode analisis data kualitatif.
Hasil penelitian adalah : Pembelajaran membaca kitab kuning diajarkan di Madrasah Diniyah Darul A’mal Kota Metro sesuai dengan jenjang pendidikannya, kitab kitab tersebut terdiri dari berbagai kitab seperti akidah, akhlaq, tafsir, hadits, fiqih, tata bahasa, nahwu, shorof, sejarah, dan lain-lain. Guru membacakan dengan lantang kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa Jawa terlebih dahulu lalu dijelaskan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Kesulitan membaca kitab kuning mulai dari kesulitan kosa kata, kesulitan tata bahasa (susunan kalimat), Adapun kesulitan kosa kata muncul dari kesalahan santri saat menerjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Jawa atau bahasa Indonesia. Di sisi lain, kesulitan membaca muncul dari sulitnya menerapkan aturan yang terkait dengan istilah gramatikal dan morfologis, Adapun kesulitan menerjemahkan dan memahami bacaan, muncul dari menerjemahkan frasa dalam kitab kuning kata demi kata dengan mendefinisikannya, posisi dalam struktur dan mengkodekannya dengan simbol khusus. seperti simbol (م (untuk subjek dan diterjemahkan dengan kata utawi, lambang (خ (untuk khobar/berita dan diterjemahkan dengan kata iku, dan lambang (سف (untuk subjek yang berakal diterjemahkan dengan kata sopo, dan lambang (فا (untuk subjek yang tidak berakal, dan diterjemahkan dengan kata opo.
Adapun solusi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut di atas yaitu dengan mengadakan program bimbingan, latihan membaca, pengembangan pengalaman membaca dan pengembangan pengalaman membaca dengan mengadakan diskusi dan pemberian tugas membaca kepada santri dan melalui lomba membaca kitab kuning antar santri dan mengirimkan beberapa santri ke mengikuti lomba membaca kitab kuning antar lembaga Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 04:31 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 04:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5431 |
Actions (login required)
View Item |