Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Buku Teks Siswa Di SMK Negeri 3 Metro

Khulaimah, Siti (2021) Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Buku Teks Siswa Di SMK Negeri 3 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SITI KHULAIMAH -1501010117 - PAI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Kemandirian belajar merupakan bentuk kesadaran siswa berupa sikap yang mau dan mampu belajar dengan inisiatifnya sendiri, bertanggung jawab serta tidak selalu bergantung kepada orang lain. Kemandirian belajar ini sangat dibutuhkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang proses belajarnya dilaksanakan berdasarkan kurikulum 2013 menggunakan media buku teks siswa sebagai sumber belajar, guna berjalannya pembelajaran yang efektif sehingga tujuan pendidikan secara Nasional dan khususnya tujuan Pendidikan Agama Islam yakni membentuk manusia yang taqwa kepada Allah SWT dapat tercapai. Dengan adanya sikap kemandirian belajar yang tinggi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan media buku teks siswa sebagai sumber belajar, maka perkiraan siswa yang mau dan mampu melaksanakan tugas, ibadah, taqwa kepada Allah SWT serta tanggung jawab dan hasil belajarnya juga bisa lebih maksimal.

Berdasarkan hal tersebut yang menjadi pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis buku teks siswa di SMKN Negeri 3 Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis buku teks siswa di SMK Negeri 3 Metro. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Metro pada tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, yang ditunjang dengan penelitian lapangan dan referensi berkaitan dengan tema yang dibahas.

Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan cara reduksi, display, dan conclusion drawing atau verivication. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis buku teks siswa di SMK Negeri 3 Metro sudah baik. Mayoritas siswa telah mau dan mampu melakukan bentuk kemandirian belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis buku teks siswa di SMK Negeri 3 Metro berupa sikap atau prilaku aktif belajar, disiplin, tanggung jawab dalam pengerjaan tugas dan kegiatan yang berkaitan dengan pelajaran seperti mengaji, hafalan, sholat berjamaah, serta bentuk ibadah takwa kepada Allah SWT lainnya.

Kata kunci: Kemandirian, Belajar dan Buku Teks Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:53
Last Modified: 06 Jun 2022 01:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5465

Actions (login required)

View Item View Item