Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Studi Komparatif Hasil Belajar Mata Pelajaran Rumpun PAI Antara Siswa Dari Madrasah Ibtida’iyah dan Siswa Dari SD di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo

Falah, Miftahul Amril (2021) Studi Komparatif Hasil Belajar Mata Pelajaran Rumpun PAI Antara Siswa Dari Madrasah Ibtida’iyah dan Siswa Dari SD di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MIFTAHUL AMRIL FALAH -1501010081 - PAI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan pembelajaran yang penting di sekolah jenjang pertama sebagai suatu pengenalan di dalam pendidikan agama Islam terutama di MI dan SD. Madrasah Ibtida’iyah memiliki ciri khas yaitu mata pelajaran agama Islam, yang terdiri dari Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fiqh dan SKI. Dengan adanya sub-sub mata pelajaran tersebut maka MI memiliki banyak alokasi waktu belajar mata pelajaran agama Islam dalam satu minggu. Sedangkan pada Sekolah Dasar (SD) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak diperinci sebagaimana di MI, dan alokasi waktunya lebih sedikit dalam satu minggu.

Penelitian dalam rangka untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar siswa yang berasal dari SD dan dari MI di MTs MA’ARIF NU 7 Purbolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI kelas VII di MTs MA’ARIF NU 7 Purbolinggo Lampung Timur T.A 2019/2020.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 105 siswa, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 30 siswa lulusan SD dan 30 siswa lulusan MI. Metode untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan interview. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan uji t. Hipotesis penelitian ini yaitu “ada perbedaan hasil belajar antara siswa lulusan MI dengan siswa lulusan SD pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar mata pelajaran rumpun PAI antara siswa dari Madrasah Ibtida’iyah dan siswa dari SD di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo. Hasil ini terbukti berdasarkan hasil pengelolaan dan analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, analisis Uji t, ada perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI kelas VII di MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung Timur T.A 2019/2020, dari analisa data dalam penelitian ini diperoleh hasil thitung # ttabel pada alpha 0,05 sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian hipotesis hipotesis alternatif yang penulis ajukan diterima. Hal ini berarti bahwa siswa MTs yang berasal dari MI memiliki hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berasal dari SD. Untuk itu siswa agar lebih giat dan meningkatkan belajarnya tanpa menyepelekan proses pembelajaran. Untuk guru juga agar tetap berupaya dan mengembangkan kemampuannya dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar anak-anak didiknya khususnya pada mata pelajaran rumpun PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:55
Last Modified: 06 Jun 2022 01:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5488

Actions (login required)

View Item View Item