Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pendekatan Komunikatif Dalam Pemerolehan Keterampilan Berbicara Pada Santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Metro

Ramadhan, Dedi Ridho (2022) Pendekatan Komunikatif Dalam Pemerolehan Keterampilan Berbicara Pada Santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS DEDI RIDHO RAMADHAN -19003891 - PBA.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Survei ini berupa menjawab pertanyaan survei. Jadi, “Bagaimana pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran Metro? Dalam penelitian ini, kami menggunakan jenis studi kasus pembelajaran keterampilan berbicara santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran Metro. Menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berkaitan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada teknik analisis data kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santri di Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Metro memperoleh keterampilan berbicara secara bertahap dari tahap diam/praproduksi, produksi awal, pembentukan bahasa, dan tingkat kefasihan sedang. Santri membutuhkan waktu lebih dari setengah tahun untuk memperoleh keterampilan berbicara di tahap pra-produksi. Sebelum tahap ini, Suntory terutama mendengarkan, mengulangi apa yang dia dengar, dan meniru ucapannya. Setengah tahun kemudian, para siswa mulai berbicara bahasa Arab, meskipun sulit (produksi awal), dan secara bertahap berkembang ke titik di mana mereka mulai berbicara bahasa Arab secara pasif. Sejak paruh pertama tahun ini, siswa telah membuat kemajuan dengan meningkatkan penguasaan kosakata mereka menjadi lebih dari 500 kata. Tujuh sampai delapan bulan setelah masuk pondok pesantren, santri mulai mengungkapkan gagasannya dalam dua sampai tiga himpunan dengan menggunakan ungkapan sederhana (kemunculan bahasa), namun tetap memerlukan bimbingan dan petunjuk. Untuk mencapai tingkat menengah, dibutuhkan setidaknya dua tahun sebelum siswa dapat dengan cepat memahami apa yang mereka dengarkan. Namun, kemampuan ini biasanya dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, sering dipraktikkan, dan masih terbatas pada kegiatan yang belum menyentuh pokok bahasan secara mendalam dan mendalam dalam berbagai disiplin ilmu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:00
Last Modified: 06 Jun 2022 02:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item