Hanifah, Dian Putri (2022) Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Moodle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DIAN PUTRI HANIFAH -1801010027- PAI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran online berbasis moodle adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan pada kondisi saat ini. Dalam pembelajaran online, moodle menjadi salah satu virtual system yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan semua pendidikan konvensional yang diwujudkan dalam online learning. Aplikasi moodle menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh pembelajaran online berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Lampung Timur?”
Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Lampung Timur yang berjumlah 104 siswa, yang terdiri dari 4 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah Stratified Random Samping dengan jumlah yang diambil 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh informasi/data dari responden, jenis angket yang digunakan angket langsung, dari cara menjawabnya angket pada penelitian ini menggunakan jenis angket tertutup yakni, angket yang telah menyediakan alternatif jawaban bagi responden, sehingga responden hanya perlu memilih jawaban yang sudah disediakan saja. Angket digunakan untuk memperoleh data variabel X dengan 20 item pernyataan dan dokumentasi untuk memperoleh data variabel Y. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh pembelajaran online berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Lampung Timur”.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data dengan rumus korelasi Product Moment yang berhasil dikumpulkan, maka dalam penelitian ini ditunjukkan nilai rhitung sebesar 0,584. Dapat diketahui bahwa rhitung 0,584 dan rtabel 0,374 dengan taraf signifikan 5% artinya rhitung > rtabe, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran online berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Lampung Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:02 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5592 |
Actions (login required)
View Item |