A’yun, Qurota (2019) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Trilogi Nalar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Membaca di Sekolah Menengah Pertama Plus Ali Ismailiyun Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Metro.
Text
TESIS.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penguasaan kemahiran berbicara dan membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab sangat penting bagi para peserta didik, dengan semakin majuanya zaman, sebenarnya kebutuhan untuk dapat berbicara dengan bahasa Asing merupakan hal yang sangat penting. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka semakin terbuka pula kesempatan untuk saling berhubungan dengan bangsa lain. Begitupun dengan kemampuan membaca, siswa yang memiliki keunggulan dalam pembelajaran maka memiliki keunggulan pula dalam membaca. Karena membaca menjadi jalan untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari pembelajaran Bahasa Arab. Dalam setiap kegiatan membaca terdapat beberapa aspek yang menyertai, yaitu berpikir dan merasakan. Dengan penerapan model pembelajaran berbasis Trilogi Nalar akan dapat mengembangkan kemampuan berfikir siswa serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, maka para siswa tidak akan merasa bosan dan dapat meningkatkan rasa saling menghargai antar para siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Plus Al Ismailiyun Tahun Pelajaran 2019/2020, adapun sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas 8 yang berjumlah 45 siswa, terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas 8A berjumlah 23 siswa yang dijadikan sebagai kelompok kontrol dan kelas 8B yang berjumlah 22 siswa dijadikan sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. untuk uji validitas data menggunakan rumus Product Moment Pearson Correlation, sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alfa Cronbach’s. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas sebaran, uji homogenitas, dan uji linieritas. Analisis data yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus uji”t”. Dalam seluruh penghitungannya menggunakan program SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berbicara dan membaca siswa dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar materi berbicara dan membaca tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi. Skor rata-rata post test kelompok eksperimen sebesar 72,415 dalam tes lisan untuk kemampuan berbicara, sedangkan tes lisan untuk kemampuan membaca sebesar 80,058, dan skor rata-rata post test untuk tes tulis sebesar 79,217. Untuk skor rata-rata post test kelompok kontrol sebesar 67,373 dalam tes lisan untuk kemampuan berbicara sedangkan tes lisan untuk kemampuan membaca sebesar 73,912, dan skor rata rata post test untuk tes tulis sebesar 65,361.
Dengan melihat perbedaan skor rata-rata yang diperoleh masing-masing kelompok, menunjukkan bahwa model pembelajaran bahasa arab berbasis Trilogi Nalar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa arab serta berpengaruh pada peningkatan kemampuan berbicara dan kemampuan membaca siswa SMP Plus Al Ismailiyun Sukadamai Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020, dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran Bahasa Arab untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam peningkatan kemampuan berbicara dan membaca serta untuk memberikan stimulan bagi para peserta didik agar lebih tertarik untuk belajar Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 May 2022 01:37 |
Last Modified: | 13 May 2022 01:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5637 |
Actions (login required)
View Item |