Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Beragama Hindu Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Desa Restu Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah)

Rahmawati, Putri (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Beragama Hindu Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Desa Restu Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PUTRI RAHMAWATI - 1804101073 - Putri Rahmawati.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Minat merupakan rasa ketertarikan terhadap suatu hal atau aktivitas yang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal yang terdiri dari keluarga, motivasi, sikap dan keyakinan, gaya hidup dan agama. Faktor eksternal yang terdiri dari pelayanan, promosi, reputasi bank dan lokasi. Desa Restu Buana Kecamatan Rumbia merupakan Desa yang mayoritas masyarakatnya menganut agama Hindu. Beberapa masyarakat beragama Hindu pada Desa tersebut menggunakan produk bank syariah yaitu produk tabungan dan pembiayaan. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat beragama Hindu menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer didapatkan dari Kepala Kantor Kas Bank Syariah Rajasa dan nasabah yang beragama Hindu. Sumber data skunder didapatkan dari buku-buku dan jurnal untuk menunjang penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara berfikir induktif. Penelitian ini mengambil tempat di Desa Restu Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Hasil penelitian terkait bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat beragama Hindu Desa Restu Buana menjadi nasabah bank syariah, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa ada dua faktor diantaranya untuk faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang paling menonjol dari faktor internal yaitu pengetahuan, karena yang mempengaruhi minat nasabah beragama Hindu sebanyak 6 responden. Faktor eksternal yang mempengaruhi adalah pelayanan sebanyak semua responden atau 20 responden dan lokasi sebanyak 10 responden. Faktor internal yaitu dari keluarga, sikap dan keyakinan, motivasi dan agama. Kemudian faktor eksternal yaitu dari promosi dan reputasi bank merupakan faktor penunjang masyarakat beragama Hindu di Desa Restu Buana menjadi nasabah di bank syariah.

Kata Kunci: Faktor-faktor Mempengaruhi Minat, Beragama Hindu, Nasabah, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:52
Last Modified: 08 Jul 2022 07:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5873

Actions (login required)

View Item View Item