Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Ekowisata Way Guruh Berbasis Komunitas Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Ernawati, . (2022) Strategi Promosi Ekowisata Way Guruh Berbasis Komunitas Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ERNAWATI -1704040128 - ESY.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Promosi adalah cara untuk memperkenalkan, mempengaruhi, dan mengingatkan konsumen secara langsung atau tidak lansung terhadap sesua produk atau jasa yang ditawarkan dengan tujuan menyakinkan wisatawan dalam suatu pangsa pasar tertentu dapat secara persis mengetahui apa yang ditawarkan. Ekowisata adalah perpaduan dari keprihatinan terhadap lingkungan, ekonomi dan sosial. Pengembangan ekowisata yang berkelanjutan didasarkan pada perpaduan antara perspektif dengan ekologi, dan masyarakat turut andil dalam terwujudnya hal tersebut. Ekowisata yang melibatkan masyarakat dalam segala aspek pengembangan dan pengelolaanya disebut dengan ekowisata berbasis komunitas atau masyarakat.

Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana imlementasi strategi promosi ekowisata Way Guruh berbasis komunitas dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara berpikir induktif.

Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi promosi ekowisata Way Guruh yang berbasis komunitas sudah menerapkan unsur-unsur bauran promosi (promotion mix) secara keseluruhan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Akan tetapi dalam penerapannya, unsur bauran promosi yang diterapkan di ekowisata Way Guruh ada beberapa yang tidak berjalan dengan maksimal, dikarenakan beberapa faktor dan kendala. Kendala utama yang dihadapi pengelola dalam meningkatkan kunjungan wisatawan adalah kendala akses jalan yang kurang memadai.

Kata kunci: Strategi promosi, bauran promosi, ekowisata berbasis komunitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Jul 2022 09:09
Last Modified: 15 Jul 2022 09:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item View Item