Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 01 Abung Kunang

Damayanti, Arlina (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 01 Abung Kunang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ARLINA DAMAYANTI -1801040004 - TMTK.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik berdasarkan kelayakan dan kepakraktisan pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembanagan atau Riset and Development(R&D). Penelitian pengembangan ini dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu tahap analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli untuk aspek kelayakan, dan angket pendapat peserta didik untuk aspek kepraktisan.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kelayakan memenuhi kreteria sangat layak. Validasi oleh ahli materi mendapatkan rata-rata keseluruhan yaitu 4,41 sedangkan untuk ahli media rata-rata keseluruhannya yaitu 4,3. Kedua nilai ini masuk dalam kategori ―Sangat Layak‖. Aspek kepraktisan berdasarkan angket pendapat peserta didik yang diberikan kepada 16 peserta didik memenuhi kriteria sangat praktis. Hal ini berdasarkan rata-rata keseluruhan skor angket pendapat peserta didik  65% yang artinya media video pembelajaran layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Pendekatan Matematika Realistik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Jul 2022 09:08
Last Modified: 15 Jul 2022 09:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item View Item