Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Paimelalui Metode Iqro` Kelas IV SD Negeri 02 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018

Saridin, Muhammad Iman (2019) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Paimelalui Metode Iqro` Kelas IV SD Negeri 02 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI IMAN - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah salah satu program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang ajaran islam, keterampilan mempraktekkannya, dan meningkatkan pengamalan ajaran islam itu dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pendidikan Agama Islam secara umum adalah membentuk pribadi peserta didik yang berakhlak mulia, menjadi anak yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti, dan bermoral baik sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Tujuan diatas bersifat Universal (semua agama) tidak membeda-bedakan satu sama lain, karena di Indonesia terdapat banyak Suku, Ras, dan berbagai agama.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di SD Negeri 02 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dulakukan kepada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi fisik maupun non fisik serta penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro TimurTahun Pelajaran 2017/2018pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat disimpulkan bahwapenggunaan metode IQRO’dalam pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I mencapai 50%.Sedangkan pada Siklus II hasil belajar siswa mencapai 93%.

Peneliti memberikan saran berdasarkan hasil kesimpulan dan implikasi pada penelitian yang telah dilakukan. Adapun saran-saran yang dapat peneliti kemukakan adalah diharapkan metode IQRO’dapat dijadikan suatu alternative pilihan yang dapat memberikan sumbangan pemikiran dan informasi khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Metro Timur dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan pihak sekolah untuk dapat memberikan reaword untuk memotivasi dan memberikan dorongan kepada siswa-siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:29
Last Modified: 09 Jan 2020 01:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item