Prayoga, Ilham Aji (2022) Kesulitan Berbicara Bahasa Arab dan Upaya Mengatasinya pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro Tahun Akademik 2021/2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI ILHAM AJI 1701020062.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Ucapan penting untuk dipelajari karena merupakan dasar utama sebagai sarana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti menemukan jumlah mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Negeri Islam Metro berbeda-beda masalah dalam berbicara bahasa Arab. Ternyata beberapa siswa tidak dapat berbicara bahasa Arab dan sebagian yang lain takut bahwa mereka akan salah jika mereka berbicara bahasa Arab. Peneliti juga menemukan bahwa beberapa mahasiswa berbicara bahasa Arab tetapi masih mencampurnya dengan bahasa Indonesia atau daerah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apa saja bentuk kesulitan berbahasa Arab di jurusan pendidikan bahasa Arab di IAIN Metro tahun akademik 2021/2022? (2) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan sulitnya berbicara bahasa Arab pada mahasiswa IAIN Metro untuk tahun akademik 2021/2022? (3) Apa solusi untuk mengatasi kesulitan berbicara dalam bahasa Arab yang dihadapi mahasiswa Jurusan Bahasa Arab IAIN Metro?
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan deskriptif. Sumber utama penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro tahun akademik 2021/2022 dengan jumlah mahasiswa yang diambil secara acak. Sumber sekundernya adalah dosen di jurusan pendidikan bahasa Arab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumen.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Bentuk bentuk kesulitan berbahasa Arab di jurusan pendidikan bahasa Arab Universitas Islam Metro tahun akademik 2021/2022 berkaitan dengan faktor linguistik. Masalah dengan linguistik yang terjadi adalah: penguasaan kosakata dan gramatikal bahasa Arab. Kurangnya kosakata siswa mengakibatkan rusaknya pola kalimat dan makna. Saat berbicara bahasa Arab, siswa sering memasukkan bahasa Indonesia atau bahasa daerah dalam berbicara. Kesulitan tata bahasa Arab yang terjadi di kalangan mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab IAIN Metro tahun akademik 2021/2022 dalam berbicara bahasa Arab menyebabkan struktur kalimat menjadi tidak beraturan sebagaimana pada gramatikal bahasa Arab yang benar. Selain merusak pola kalimat, kesalahan tata bahasa juga dapat merusak makna. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan berbahasa Arab pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab IAIN Metro tahun akademik 2021/2022 adalah motivasi, perhatian, bakat, perhatian, latar belakang pendidikan dan faktor lingkungan. (3) Upaya mengatasi kesulitan berbicara bahasa Arab mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro tahun akademik 2021/2022 yaitu dengan memperkaya kosakata, banyak berlatih berbicara bahasa arab, dan meningkatkan kemampuan Gramatikal bahasa Arab melalui media sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 01:21 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 01:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5948 |
Actions (login required)
View Item |