Retnodari, Wahyuning (2022) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menjawab Soal Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi Wahyuning Retnodari 1801040032-dikompresi - Wahyuning Rednodari.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya menguasai materi aljabar dan masih melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah matematika. Bahkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami soal, menggunakan rumus dan berhitung. Guru memberikan tugas harian berupa soal pemecahan masalah pada aljabar dan terdapat kesalahan siswa dalam menjawab soal. Kesalahan menjawab soal tersebut meliputi kemampuan pemahaman siswa yang rendah dan kesulitannya peserta didik dalam membaca informasi pada soal. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa melakukan beberapa kesalahan pada level prestructural. Pada level prestructural ini peserta didik belum mampu menyelesaikan persoalan dengan benar, bahkan pertanyaan diselesaikan tidak tepat, sehingga informasi menjadi tidak relevan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan serta penyebab yang dilakukan siswa kelas VII dalam menjawab soal pemecahan masalah aljabar berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII.1 SMP N 2 Batanghari, pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan banyaknya ketidaksesuaian antara level SOLO pada soal dengan level respon jawaban yang diberikan oleh siswa berdasarkan taksonomi SOLO, yaitu dipilih subjek yang paling banyak memberikan level respon jawaban tidak sesuai dengan level soal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, dan wawancara. Soal tes dianalisis untuk mengetahui level yang diberikan siswa dalam menjawab soal berdasarkan taksonomi SOLO dan hasil wawancara dianalisis untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian berdasarkan soal-soal yang diberikan kepada 20 orang siswa kelas VII SMP N 2 Batanghari diperoleh presentasi tingkat respon siswa yaitu sebanyak 21.05% berada dilevel prestruktural, 9.21% berada dilevel unistruktural, 22.36% berada dilevel multistruktural dan rasional, serta tidak ada siswa yang berada dilevel extend abstrak. Penyebab kesalahan yang dialami peserta didik begitu banyak bervariasi karena faktor belum dimilikinya kemampuan keterampilan dalam menyelesaikan masalah, faktor penyebab kesalahan peserta didik diantaranya yaitu kesalahan menentukan teorema atau rumus, kesalahan melakukan perhitungan atau komputasi, kesalahan memasukan data ke variabel, kesalahan menginterprestasikan simbol-simbol, grafik dan tabel ke dalam bahasa matematika maupun kesalahan melakukan penyimpulan pernyataan yang tidak benar Kecenderungan kesalahan paling banyak yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan bahasa dan kesalahan teknis hampir semua siswa melakukan jenis kesalahan ini. Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Pemecahan Masalah Matematika, Analisis taksonomi SOLO.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 09:13 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 09:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5952 |
Actions (login required)
View Item |