Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Taman Asri Lampung Timur

Pramesti, Intan Diah (2022) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Taman Asri Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
INTAN DIAH PRAMESTI_1701050061 - Intan Diah Pramesti.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Suatu proses pembelajaran yang menarik dan memberikan kesan kepada anak didik adalah sebuah pembelajaran yang diinginkan. Salah satu pembelajaran yang dilakukan untuk menyampaikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta didik dalam proses belajar ialah dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran sendiri merupakan suatu perantara yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga merangsang perhatian peserta didik. Salah satu media yang digunakan yaitu media gambar dan video, dengan bantuan media gambar dan video akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan baik sehingga proses belajar akan lebih menarik.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara media gambar dan video dengan hasil belajar IPA yang berlangsung di SD Negeri 3 Taman Asri. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Teknik analisis menggunakan product moment dan dianalisis secara statistik menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan dianalisis menggunakan uji t dengan SPSS versi 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan media gambar dan video pada pembelajaran IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan SPSS versi 22, uji korelasi pearson antara media gambar dan video dengan hasil belajar sebesar 0,731 jika dilihat melalui pedoman interpretasi koefisien korelasi maka koefisien korelasi yang ditemukan termasuk pada kategori kuat. Berdasarkan Uji t diketahui nilai rhitung sebesar 4,284 > rtabel sebesar 2,119 artinya rhitung lebih besar dari rtabel. Nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dari pengujian hipotesis yang diajukan Ha diterima dan H0 ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media gambar dan video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 3 Taman Asri.

Kata kunci: Media Gambar, Media Video, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:39
Last Modified: 12 Aug 2022 03:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item