Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Alat Peraga Pop Up Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 1 Negeri Katon

Imelda, Novia Zahra (2022) Pengembangan Alat Peraga Pop Up Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 1 Negeri Katon. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Novia Zahra Imelda-1 - Noviazahra imelda.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan alat peraga Pop Up Book pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Negeri Katon dilatarbelakangi oleh masih kurangnya media seperti alat peraga Pop Up Book di SDN 1 Negeri katon, sehingga menyebabkan kurang minatnya siswa dalam belajar IPA terutama pada materi Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan. Dengan adanya alat peraga Pop Up Book ini proses pembelajarn menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat siswa dalam belajar IPA menggunakan alat peraga Pop Up Book dan untuk mengetahui bahwa alat peraga ini layak digunakan di SDN 1 Negeri Katon. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) versi Borg and Gall yang dibatasi pada beberapa tahap saja yaitu, tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap validasi dan uji coba. Instrumen pada penelitian menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Angket yang digunakan adalah nagket skala lingkert yang ditujukan kepada ahli media, ahli materi, dan guru kelas, serta subjek uji coba yang sejumlah 22 orang siswa kelas V SDN 1 Negeri Katon.

Hasil dari validitas oleh ahli media, ahli materi, dan guru kelas memperoleh skor secara keseluruhan sebagai berikut. Hasil dari uji validitas oleh ahli media memperoleh skor secara keseluruhan yaitu 72 dengan presentase 96% termasuk dalam kategori ―Sangat Layak‖. Uji validitas oleh ahli materi memperoleh skor 36 dengan presentase 80% termasuk dalam kategori ―Layak‖. Dan validasi oleh guru kelas memperoleh skor sebesar 38 dengan presentase 84,4% termasuk dalam kategori ―Sangat layak‖. Sedangkan hasil dari tanggapan siswa memperoleh skor secara keseluruhan yaitu 519 dengan presentase 98,4% termasuk dalam kategori ―Sangat Layak‖. Dan untuk pedoman observasi diperoleh skor sebesar 453 dengan presentase 82,3% yang termasuk dalam kategori ―Sangat Baik‖. Sehingga dapat dikatakan bahwa alat peraga Pop Up Book ini Sangat Layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Kata Kunci: Alat Peraga, Pop Up Book, dan IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:58
Last Modified: 15 Aug 2022 03:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item