Cicaningtias, Ade (2022) Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ADE CICANINGTIAS -1801011004 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Setiap siswa memliki perbedaan ketika sedang belajar. Ada siswa yang cepat menerima, menyerap dan mengolah informasi yang disampaikan oleh guru begitu juga sebaliknya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya yaitu gaya belajar. Gaya belajar adalah hasil dari kombinasi bagaimana seseorang menyerap, lalu mengatur, dan mengolah informasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Lampung Timur?”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah sebanyak 104 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling dengan jumlah yang diambil 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket digunankan untuk memperoleh informasi/data dari responden. Jenis angket yang digunakan adalah angket langsung, berdasarkan dari cara menjawabnya angket pada penelitian ini menggunakan jenis angket yang tertutup yaitu, angket telah menyediakan alternatif jawaban bagi responden, dengan begitu responden hanya perlu memilih jawaban yang telah tersedia. Angket digunakan untuk memperoleh data variabel X dengan 24 item pertanyaan dan dokumentasi untuk memperoleh data Y. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus Korelasi Product Moment.
Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah “ada hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Lampung Timur”.
Berdasarkan pengolahan dan analisis data dengan rumus korelasi Product Moment yang berhasil dikumpulkan, maka pada penelitian ini diketahui sebesar 0, 478. Dapat diketahui bahwa 0, 478 dan 0, 388 dengan taraf signifikan 5% artinya > , maka hipotesis ) diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Lampung Timur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 00:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 00:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5992 |
Actions (login required)
View Item |