Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Pekalongan 2020/2021

Putri, Emy Rabbani (2022) Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Pekalongan 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EMY RABBANI PUTRI -1701020025 - PBA.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kosakata merupakan bagian terpenting dari bahasa, karena dengan memiliki kosa kata akan memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa dasar, baik itu untuk berbicara, membaca, mendengarkan bahkan menulis karena dalam belajar bahasa arab harus mempelajari keempat unsur tersebut. karena ini adalah bagian penting dari belajar bahasa asing tanpa kosakata Siswa akan menghadapi kesulitan dalam mempelajarinya, dan belajar bahasa asing sudah membutuhkan kosakata, jadi siswa harus menguasai kosakata dengan menghafal dan menguasai kosakata. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata dengan meningkatkan kosakata maka akan mudah dalam pembelajaran serta menambah prestasi bahasa arab.

Metode nyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang digunakan biasanya syair-syair tersebut disesuaikan dengan materi-materi yang akan diajarkan oleh pendidik menurut beberapa ahli, bernyayi membuat suasana belajar menjadi riang dan bergairah sehingga perkembangan anak dapat distimulasi secara lebih optimal. penelitian tindakan adalah bentuk penelitian reflektif dan kelompok yang dilakukan peneliti situasi untuk memajukan kesimpulan dari praktik sosial mereka. berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode bernyanyi untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab.

Adapun hasil penelitian yaitu: penguasaan kosakata bahasa arab meningkat melalui penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Pekalongan 2021/2022 dimana nilai tes siswa meningkat dari pos-tes I ke pos-test II Hal itu karena nilai tes di akhir siklus I sebesar 1540 dan di akhir siklus II sebesar 1680.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:30
Last Modified: 25 Aug 2022 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item