Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kesulitan Pembelajaran Maharah Qiroah dan Pemecahannya Pada Peserta Didik Kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo Lampung Timur

Istiqomah, Nurul (2022) Kesulitan Pembelajaran Maharah Qiroah dan Pemecahannya Pada Peserta Didik Kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS NURUL ISTIQOMAH -18003803 - PBA.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalaisis (1) bentuk-Bentuk kesulitan dalam membaca teks Arab pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo. (2) faktor faktor penyebab kesulitan dalam membaca teks Arab siswa kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo (3) pemecahan masalah kesulitan dalam membaca teks Arab siswa kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini ialah proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan membaca siswa kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo Lampung Timur. Waktu penelitian adalah dua Bulan pada tahun 2021. Metode Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah observasه ,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data kualitatif yakni peneliti menggambarkan apa adanya hal-hal yang ada dan terjadi dan menyajikan data hasil penelitian dalam bentuk uraian kalimat.

Temuan penelitan ini adalah (1) proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur mengalami kesulitan khususnya dalam keterampilan membaca atau membaca teks Arab. indicator kesulitan membaca teks Arab siswa yaitu meliputi siswa belum mampu dalam melafalkan kosa kata Arab dengan bunyi dan ejaan yang benar, belum mampu memahami perbedaan harakat panjang dan pendek dalam teks bahasa Arab, belum mampu membaca teks Arab dengan benar dan menggunakan suara yang jelas, belum mampu memahami isi bacaan bahasa Arab setelah membaca teks, belum mampu memahami kaidah tata bahasa Arab yang terkandung dalam teks bahasa Arab, dan belum mampu memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam teks bacaan bahasa Arab. (2) Faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks Arab meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tata bunyi, adanya huruf Tambahan Za’idah, adanya huruf maqlub, perbedaan tata cara penulisan, kosa kata serta motivasi yang rendah. Sedangkan faktor eksternal meliputi metode dan media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab. (3) Pemecahan masalah kesulitan membaca teks Arab siswa yang bisa dilakukan guru bahasa Arab kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tanjung Intan Purbolinggo Lampung Timur yakni guru mengumpulkan data mengenai siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar, memberikan perhatian atau bimbingan khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca teks Arab, memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan metode dan media yang bervariasi sehingga tidak menimbulkan rasa bosan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab, dan senantiasa bekerjasama dengan orangtua siswa demi kemajuan atau keberhasilan pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:09
Last Modified: 16 Sep 2022 09:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6193

Actions (login required)

View Item View Item