Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Media Pembelajaran Flowchart Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA Ma’arif 03 Seputih Banyak

Oktavina, Reva (2022) Implementasi Media Pembelajaran Flowchart Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA Ma’arif 03 Seputih Banyak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI REVA OKTAVINA -1801061028 -TADRIS BIOLOGI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI MA Ma’arif 03 Seputih Banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran flowchart dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi sistem pencernaan.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA MA Ma’arif 03 Seputih Banyak semester genap yang berjumlah 30 siswa, 13 laki-laki dan 17 siswa perempuan. Objek penelitian adalah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi materi sistem pencernaan pada manusia. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan flowchart melalui langkah-langkah sebagai berikut: penyampaian topik dan tujuan pembelajaran, pembagian kelompok, mengemukakan permasalahan, menganalisis dan mempresentasikan hasil diskusi, dan membuat kesimpulan.(2) Penerapan media pembelajaran flowchartuntuk kelas XI MA Ma’arif 03 seputih banyak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini terlihat pada peningkatan grafik saat siklus I rata-rata hasil observasi motivasi belajar siswa sebesar 98,16 (tinggi) dan meningkat di siklus II sebesar 98,84 (tinggi). Sedangkan saat siklus I untuk kuesioner dengan rata-rata sebesar 66,79 (sedang) dan meningkat di siklus II sebesar 69,47 (sedang). Berdasarkan grafik yang sudah disajikan, hasil rata-rata observasi siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 0,68. Sedangkan untuk hasil rata-rata kuesioner mengalami peningkatan 2,68.

Kata Kunci: Flowchart,Motivasi Belajar, Sistem Pencernaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:39
Last Modified: 13 Sep 2022 08:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item