Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Membaca Di Era Covit-19 Pada Siswa MTs Ma’arif Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022

Poetri, Dewi Istia (2022) Pembelajaran Membaca Di Era Covit-19 Pada Siswa MTs Ma’arif Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Dwi istia putri - Ayu Agustinyih.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Problematika dalam penelitian ini terkait dengan pembelajaran membaca di era pandemi covid 19. Peneliti mengajukan beberapa pertanyaan penelitian, yaitu: Bagaimana upaya guru dalam pembelajaran membaca di tengah pandemi covid 19? Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca di tengah pandemi covid 19? dan bagaimana penggunaan pembelajaran daring dalam pembelajaran membaca di tengah pandemi covid 19? Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: penyederhanaan data, pemaparan data dan penyimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: Upaya guru dalam pembelajaran membaca di tengah pandemi covid 19 dilakukan dengan menyiapkan materi pelajaran membaca sesuai dengan program pendidikan di sekolah.Penyusunan materi ini dilakukan untuk mengarahkan rencana proses pembelajaran dan menjelaskan tujuan tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran daring. Aktivitas siswa pada pembelajaran dari mengikuti kebijakan sekolah pada pembelajaran di era covid 19 sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah dengan adanya belajar daring sebagai alternatif untuk melangsungkan proses pembelajaran. Siswa menerima penjelasan materi melalui media WhatsApp atau Zoom.Demikian pula tugas-tugas pelajaran membaca atau tugas individu yang harus dikerjakan siswa dilaksanakan sesuai dengan program tertentu yang telah ditetapkan. Pembelajaran daring tercermin dari adanya media yang memungkinkan untuk mengirimkan materi jarak jauh, sehingga dapat berlangsung pembelajaran daring tersebut, dimana guru menjelaskan materi melalui aplikasi video call atau mengirimkan linkYoutube, dimana siswa dapat mengakses materi yang ada di link yang disediakan guru dan dan mereka dapat mengerjakan tugas yang disediakan di link tersebut. Setelah selesai mengerjakan siswa mengirimkan tugasnya dalam bentuk tertulis ke guru bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:47
Last Modified: 14 Sep 2022 00:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6339

Actions (login required)

View Item View Item