Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kesulitan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lampung Timur

Rahayu, Elsa Tri (2022) Analisis Kesulitan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ELSA TRI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana peserta didik tidak dapat belajar dengan baik, disebabkan karena adanya gangguan yang dapat menghambat proses belajar peserta didik. Adapun factor yang dapat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar yakni dari segi pendekatan yang digunakan oleh guru ketika mengajar. Penggunaan pendekatan pembelajaran dapat mempermudah para guru untuk memberikan pelayanan pelajaran yang dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi ajar yang disampaikan oleh guru, dengan memelihara suasana pembelajaran yang menyenangkan. Selain pendekatan, yang juga perlu diperhatikan oleh para guru yakni penggunaan metode pembelajaran khususnya pada mata pelajaran bahasa arab. Proses belajar mengajar yang baik hendaknya mempergunakan berbagai jenis metode mengajar bervariasi agar dapat membantu kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab yakni dari segi pendekatan dan metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di madrasah tsanawiyah negeri 2 lampung timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif, yakni suatu analisisi data yang pola pengembanganya dari khusus keumum terkait masalah yang diteliti dengan mendeskripsikan suatu gejala peristiwa, kejadian yang terjadi dilokasi penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik dari segi pendekatan structural, karena guru menuntut untuk memahami rumus dan istilah-istilah bahasa arab sedangkan tingkat pemahaman peserta didik yang satu dengan yang lain berbeda. 2) kesulitan belajar bahasa arab yang dihadapkan oleh peserta didik dari segi tinjauan metode menghafal kesulitan yang dihadapi peserta didik dari segi tinjauan metode guru mata pelajaran di madrasah tsanawiyah negeri 2 lampung timur yakni dari segi metode menghafal . kesulitan yang dihadapi peserta didik dari metode tersebut, disebabkan kurangnya daya ingat peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:53
Last Modified: 14 Sep 2022 00:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6342

Actions (login required)

View Item View Item