Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Gitar Masmul Custom Di Desa Pujodadi Kabupaten Lampung Tengah Melalui Diferensiasi Produk

Hafiddin, Ilfan (2022) Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Gitar Masmul Custom Di Desa Pujodadi Kabupaten Lampung Tengah Melalui Diferensiasi Produk. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ILFAN HAFIDDIN -1702040032 - ESy.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Sebuah usaha tentunya tidak terlepas dari adanya persaingan bisnis yang ketat dari berbagai kompetitor serta kebutuhan dan selera konsumen yang dapat berubah kapan saja, karenanya produsen harus memikirkan bagaimana usaha tersebut dapat berkembang. Pengembangan usaha ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan usaha tersebut agar tetap produktif dan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal secara terus menerus. Dalam pelaksanaanya tentu tidak terlepas dari strategi pengembangan usaha supaya terarah dan tercapai tujuan perusahaan. Seperti halnya pengembangan usaha yang dilakukan oleh usaha kerajinan gitar Masmul Custom yang terletak di Desa Pujodadi, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah melalui diferensiasi produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh kerajinan gitar Masmul Custom dan indikator apa saja yang ada di diferensiasi produk gitar Masmul Custom.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yaitu triagulasi dan pengecekan anggota. Dimana wawancara dilakukan kepada pemilik usaha kerajinan gitar Masmul Custom, 4 pekerja dan 3 customer gitar Masmul Custom. Selanjutnya mengenai teknik analisis data penelitian ini menggunakan tiga tahapan pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa strategi pengembangan usaha kerajinan gitar Masmul Custom melalui diferensiasi produk ini menekankan pada karakteristik produk, mempertahankan kualitas produk dan promosi di sosial media. Melalui diferensiasi produk tentunya memudahkan usaha kerajinan gitar Masmul Custom untuk dapat bersaing unggul dengan produk pesaingnya. Selain itu, produk buatan gitar Masmul Custom ini juga tidak kalah dengan kualitas gitar pabrikan. Sedangkan indikator yang digunakan dalam diferensiasi produk gitar Masmul Custom ini terdiri dari bentuk, daya tahan, dapat diandalkan, mudah diperbaiki, gaya, fitur, perfomance, kesesuaian dan rancangan desain.

Kata kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Diferensiasi Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:04
Last Modified: 16 Sep 2022 09:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6386

Actions (login required)

View Item View Item