Hanifah, Shafa Nur (2022) Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V di MIN 3 Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI SHAFA NUR HANIFAH.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti serta nilai Matematika kelas V di MIN 3 Metro, diketahui prestasi belajar Matematika siswa masih tergolong rendah. Hal ini dapat dipengaruhi dari bebrapa faktor baik dari dalam (intern) dan luar (ekstern). Salah satu factor yang dapat mempengaruhi rendahnya prestasi belajar ini adalah kurangnya minat belajar siswa. Hal ini dibenarkan oleh Guru mata pelajaran Matematika kelas V Min 3 Metro. Oleh karna itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan antara minat belajar dan hasil belajara matematika di MIN 3 Metro.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V di MIN 3 Metro”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas V di MIN 3 Metro. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi, dengan sampel 20 siswa kelas V MIN 3 Metro. Metode pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data korelasi Product Moment, diperoleh rhitung sebesar 0,428 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan dkn = 30 sebesar 0,374,diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau dapat diformulasikan rhitung (0,428) > rtabel (0,374), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Sedangkan dilihat pada tabel interpretasi nilai “r” product moment bahwa rhitung (0,428) terletak pada titik 0,41-0,60 yang artinya adalah sedang atau cukup. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas V MIN 3 Metro.
Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar, Penelitian Kuantitatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 06:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6397 |
Actions (login required)
View Item |