Imawati, Khusnul Dwi (2022) Penggunaan Media Online Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Masa Pandemi Covid-19 Di Asrama MAN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI KHUSNUL DWI IMAWATI - 1801022005 - PBA.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Dampak adanya pandemic covid 19 sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, pengalihan metode pembelajaran yang semua secara tatap muka dialihkan menjadi online. Hal ini menjadikan para pelaku pendidikan memutar otak guna agar pembelajaran tetap berlangsung dan tidak tertinggal. Penggunaan media online dalam pembelajaran bahasa arab adalah satu-satu cara mengatasi permasalahan pembelajaran dampak adanya pandemic covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media online dimasa pandemi covid 19 dalam proses pembelajaran bahasa arab di Asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini diakukan di asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 METRO. sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder dan sumber data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Teknik penjamin keabsahan datanya adalah peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam menjamin kebasahan data. sedangkan analisis data menggunakan editing, klarifikasi, verifikasi, konklusi.
Berdasarkan uraian hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro menggunakan media online whatsapp grup sebagai alternative pemilihan media pembelajaran saat proses pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran online atau daring. Penggunaan media online whatsapp dirasa menjadi alternatif kala proses pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Media online whatsapp yang dapat dioprasikan dimana saja dan kapanpun. Namun pembelajaran online dengan menggunakan grub Whatsapp ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya mudah dioperasikan, dapat digunakan kapanpun dan dimana pun. Sedangkan kekurangnya penggunaan grub whatsapp ini adalah terbatasnya guru saat menjelaskan materi, banyak siswa yang kurang paham dengan materi yang diajarkan, terkendala oleh sinyal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:46 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6417 |
Actions (login required)
View Item |