Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Bina Karya Kecamatan Putra Rumbia Kabupaten Lampung Tengah T.P 2013/2014

Purnomo, Purnomo (2014) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Bina Karya Kecamatan Putra Rumbia Kabupaten Lampung Tengah T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
PURNOMO_0948171.pdf - Other

Download (755kB)
[img] PDF
PURNOMO_0948171_BAB I.pdf - Other

Download (661kB)
[img] PDF
PURNOMO_0948171_BAB II.pdf - Other

Download (714kB)
[img] PDF
PURNOMO_0948171_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (277kB)

Abstract

Pada dasrnya sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang melaksanakan belajar mengajar dengan berencana dan bertujuan, yang ditunjang oleh unsurs tertentu yang ada di sekolah tersebut. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah tentang motivasi belajar siswa.

Peranan motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar adalah sangat penting. Motivasi itu merupakan suatu keadaan dalam diri siswa atau individu yang menyebabkan individu melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan, dan suatu proses yang mengarahkan siswa itu melakukan aktivitas belajar. Melihat betapa pentingnya yang tumbuh dalam diri siswa, untuk mencapai prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam, siswa harus mengadakan peningkatakan motivasi terhadap beljarnya dan perlunya motivasi dari guru agama islam itu sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Bina Karya Kecamatan Putra Rumbia Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah Siwa kelas X SMA Bina Karya yang berjumlah 35 siswa. Karena populasinya kurang dari 100, maka sampelnya diambil semua yang berjumlah 35 siswa dan penelitian ini disebut penelitian populasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode angket, wawancara, obsevasi sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metode penunjang. Kemudian untuk menganalisa data digunakan rumus Chi Kuadrat. hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha: Ada Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Bina Karya Kecamatan Putra Rumbia Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2013/2014.

Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan harga Chi Kuadrat hitung (2 h) sebesar 14,22 sedangkan chi kuadrat (2 t) untuk taraf signifikan 5% adalah 9,488 pada taraf signifikan 1 %= 13,227 maka dalam penelitian ini hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, hasil dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Bina Karya Kecamatan Putra Rumbia Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:07
Last Modified: 19 Sep 2022 04:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6428

Actions (login required)

View Item View Item